Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9

Membawa pulang Ponsel dengan harga ramah dikantong namun memiliki kualitas mumpuni, tentu menjadi dambaan semua orang. Xiaomi kini menghadirkan varian baru dari seri Redmi Note sebagai penerus dari Redmi Note 8 yaitu Redmi Note 9 yang hanya di bandrol di angka Rp 2 jutaan saja.

Redmi Note 9 hadir untuk Anda para pecinta game (gamers), karena kehadiran Ponsel ini lebih difocuskan terhadap performa chipset gamingnya. Ponsel ini hadir dengan chipset MediaTek Helio G58 (12 nm) dengan CPU Octa-core.

Lalu apa si kelebihan dan kekurangan dari Ponsel ini? Agar tidak penasaran lagi, berikut kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9:

Kelebihan Redmi Note 9

1. Chipset

Ponsel ini memiliki chipset MediaTek Helio G85 (12 nm) yang terdiri dari CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G52 MC2.

Dengan dibandrol Rp 2 jutaan, performa chipset dari Ponsel ini tergolong cukup baik dan mempunyai daya saing yang unggul. Nilai AnTuTu 8 dari chipset ini mencapai 205946, dimana sekor tersebut lebih besar dari gernerasi sebelumnya yaitu Redmi Note 8 yang hanya memiliki nilai AnTuTu sebesar 167833.

2. Baterai

Ponsel ini memiliki kapasitas baterai yang tergolong besar yaitu 5020 mAh yang membuat Anda nyaman saat bermain game, menonton film dan lain-lain tanpa takut kehabisan daya baterai. Ponsel ini mendapatkan endurance rating dengan durasi 125 jam.

Dalam pemakaian normal, Ponsel ini dapat bertahan selama 35 jam. Namun saat digunakan untuk menonton video, browsing dan bermain game, Ponsel ini mampu bertahan selama 18 jam.

3. Kamera

Ponsel ini hadir dengan dibekali 4 kamera belakang yang beresolusi 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (makro) dan 2 MP (depth). Sedangkan pada kamera depan (selfie kamera), ponsel ini memiliki 1 kamera dengan resolusi 13 MP (wide).

Ponsel ini dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang cukup baik pada foto close-up dan foto pada waktu malam hari. Kamera makro Ponsel ini memiliki fitu auto fokus agar supaya hasil jepretan tidak mengalami blur.

4. Memori

Ponsel ini memiliki varian kapasitas Ram dan memori internal yang lumayan besar yaitu RAM 3/ 4 GB dan memori internal 64/ 128 GB. Tentu dengan kapasitas sebesar itu, Ponsel ini akan memanjakan Anda dalam penyimpanan seperti menyimpan banyak file-file, video/ film dan dapat install banyak aplikasi terutama game.

Anda kurang puas dan ingin menyimpan lebih banyak file-file, video/ film dan lain-lain? Anda takperlu khawatir lagi, Ponsel ini juga di dampingi memori Eksternal microSDXC (slot khusus).

5. Layar

Redmi Note 9 hadirkan panel layar IPS LCD dengan full high definition plus (Full HD) sebesar 6,53 inci. Ukuran tersebut lebih besar dari generasi Redmi Note sebelumnya dimana Redmi Note 8 hanyadibekali layar sebesar 6,3 inci.

6. Desain Body

Ponsel ini memiliki ketahanan body yang kokoh, dengan dibekali Corning Gorilla Glass 5 dan dilapisi Water-repellent (anti air), membuat Ponsel ini tahan terhadap percikan air dan mudah untuk membersihkannya.

Namun dengan adanya lapisan Water-repellent, jangan sesekali Anda memasukkan Ponsel ini kedalam bak atau kolam karena lapisan ini hanya tahan terhadap cipratan air saja.

Ponsel ini mempunyai 3 pilihan warna yang terkesan elegan, yaitu Forest Green (Hijau Hutan), Midnight Grey (Abu-abu Tengah Malam) dan Polar White (Putih Kutub). Meski tidak memiliki corak, justru itu yang membuat Ponsel ini terlihar stylish. Peletakan kamera belakang yang berada di tengah, akan menambah estetika body belakang Ponsel ini.

7. Fast Charging dan Reverse Charging

Ponsel ini dibekali teknologi Fast Charging (pengisian cepat) sebear 18 W, mungkin bisa dibilang biasa aja karna dari Redmi Note 8 yang merupakan seri sebelumnya juga mengusung teknologi tersebut dengan daya yang sama.

Namun yang menjadi kelebihan dari Ponsel ini adalah di usungnya teknologi Reverse Charging (pengisian balik), dengan begitu Ponsel ini dapat menolong Ponsel lain saat kehabisan daya baterai.

8. Audio

Ponsel ini hadir dengan 3.5mm Jack Audio. Dengan begitu saat Anda ingin menggunakan headset atau speaker, Anda tidak perlu menyalakan Bluetooth lagi. Sebab, jika mengaktifkan bluotooth akan menyebabkan daya baterai Ponsel dan baterai headset bluetooht akan cepat terkuras.

9. Versi Bluetooth

Banyak orang yang tidak memperhatikan peningkatan Versi Bluetooth pada Ponsel. Namun, ini bisa jadi salah satu keunggulan/ kelebihan dari ponsel ini. Dimana versi Bluetooth dari Ponsel ini sudah mengalami perbaikan dari seri sebelumnya. Redmi Note 9 hadir dengan teknologi Bluetooth 5.0 dimana Redmi Note 8 hanya dibekali Bloetooth versi 4.2.

Kekurangan Redmi Note 9

1. Perekaman Video

Ponsel ini absen dari kemampuan rekam 4K, sehingga kurang memuaskan pada saat anda mengabadikan momen keseharian anda terutapa dalam hal perekaman video. Hal tersebut tak luput karna Ponsel ini lebih focus terhadap peforma Chipset dalam urusan gaming.

2. Layar

Tingkat kecerahan layar ponsel ini cukup mengecewakan. Saat diatur secara manual, Ponsel ini hanya merain 370 nits yang menyebabkan sulitnya Anda melihat ponsel tersebut di luar ruangan (di bawah sinar matahari langsung).

Sedangkan pada seri Redmi Note yang lain seperti Note 9 Pro sudah meraih 456 nits dan Note 9s meraih 421 nits. Jika disetting auto, Redmi Note 9 meraih 466 nits yang masih kalah dari Redmi Note 9s meraih 575 nits dan Redmi Note 9 Pro mencapai 616 nits.

Baca Juga: Perbedaan Redmi Note 9 vs Redmi Note 9 Pro

Shapria Adias Bannar

Shapria Adias Bannar

Shapria Adias Bannar adalah pria asal Wonosobo, Jawa Tengah. Dia merupakan mahasiswa aktif Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo jurusan Teknik Informatika.

Leave a Comment