Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31

24 Maret 2020, Samsung kembali meluncurkan ponsel dari seri Galaxy A yaitu Galaxy A31.

Dengan kisaran harga yang mirip dengan Galaxy A51, membuat kedua ponsel ini menjadi perbincangan para penggemar ponsel brand dari Korea Selatan ini.

Pada kesempatan kali ini Shabannar akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A31.

Kelebihan Galaxy A31

1. Kamera

Kualitas kamera Galaxy A31 termasuk dalam kategori bagus di kelasnya. Dengan empat kamera utama yang terdiri dari 48MP (wide) + 8MP (ultrawide) + 5MP (macro) + 5MP (depth), Galaxy A31 mampu menghasilkan gambar yang menawan baik di dalam atau luar ruangan ruangan.

Kamera Galaxy A31 juga dapat menangkap gambar dengan sudut pandang yang cukup luas berkat adanya kamera ultrawide dan adanya kamera macro membuat Galaxy A31 mendapatkan hasil foto yang inpresif, tekstur gambar detail serta warna tidak pudar, meski kamera macro dari ponsel ini kurang tajam.

Untuk selfie kamera (kamera depan), Galaxy A31 memiliki 20MP (wide) dengan resolusi sebesar 1080p@fps. Adanya fitur Live Focus, akan membuat wajah anda menjadi bintang dan latar belakang (background) menjadi blur halus.

2. Layar

Pada bagian layar, Galaxy A31 mengusung layar Super AMOLED yang saat ini menjadi andalan dari Samsung. Layar Super AMOLED menghasilkan warna yang jernih dan tetap terlihat jelas saat berada di luar ruangan (bawah sinar matahari langsung).

Selain itu layar Super AMOLED juga memiliki desain yang tipis dan memiliki lapisan pelindung di bagian luar agar ponsel anda aman dari goresan.

3. Baterai

Baterai Galaxy A31 tergolong besar. Dengan kapasitas 5000mAh, Baterai akan tahan 24 jam dengan pemakaian normal. Galaxy A31 juga di dukung teknologi Fast Charging 15W.

4. Sensor Keamanan

Galaxy A31 sangat memanfaatkan panel AMOLED-nya dimana memiliki In-Display Fingerprint Scanner (sensor sidik jari pada layar). Selain itu, Galaxy A31 juga didukung Face Recognition (sensor pengenal wajah).

5. Konektivitas

Ada kabar bagus untuk anda. Galaxy A31 telah terkoneksi dengan NFC yang mana akan memudahkan anda untuk transaksi digital baik mengecek, mengisi saldo e-mony dan pembayaran secara digital.

Galaxy A31 juga terkoneksi Smart Switch, dengan fitur Link to Windows anda takperlu gunakan kabel untuk menghubungkan ponsel ke PC/ laptop

6. Body

Galaxy A31 memiliki body ramping. Walaupun memiliki ukuran layar 6,4 inci yang tergolong lebar, ketebalan 8,6 mm dan berat 185 gram, namun saat mengoperasikan ponsel ini akan terasa nyaman dalam genggaman dan tidak licin.

7. Sistem Operasi

Galaxy A31 sudah dibekali sistem operasi OneUI 2.1 berbasis Android 10. Adanya icon-icon besar warna warni pada ponsel ini, membuat tampilan menjadi cukup fresh.

Untuk mengubah tema menjadi gelap, OneUI 2.1 pada Galaxy A31 sudah dibekali DarK Mode. Dimana Samsung Kids buat anak-anak dan Focus Mode apabila anda ingin lebih konsentrasi saat mengerjakan sesuatu.

8. Memori

Ponsel ini dibekali RAM 6GB dan memori internal 128GB. Dengan kapasitas RAM dan memori internal sebesar itu, anda akan merasa tenang saat melakukan beberapa perkerjaan sekaligus dan menyimpan banyak file pada ponsel ini.

9. Dapur Pacu

Galaxy A31 memiliki Chipset Mediatek Helio P65 berkecepatan 2.0 GHz dan CPU Octa-Core.

Pada GPU, Mediatek Helio P56 dibekali kartu Grafis Mali G52 MC2. Dengan spesifikasi dapur pacu seperti itu, sudah cukup mumpuni untuk menunjang performa anda saat bermain game

Kekurangan Galaxy A31

1. Performa

Galaxy A31 memiliki chipset Helio P56 yang di dalamnya terdiri dari prosesor Octa-core (enam prosesor Cortex-A55 1.7GHZ dan dua prosesor Cortex-A75 2.0). Untuk GPU, chpset ini dibekali kartu Grafis Mali G52 MC2.

Galaxy A31 mempunyai nilai Antutu 8 sebesar 149 ribuan. Dengan nilai tersebut, tentu ponsel ini bisa di bilang biasa aja di kelas harganya. Sedangkan ada ponsel dengan chipset yang sama, namun harga jual ponsel tersebut lebih murah dibandingkan Galaxy A31.

Sebenarnya untuk kegiatan sehari-hari ponsel ini tergolong bagus, tidak ada masalah yang berarti karena ponsel ini memiliki RAM dan memori internal yang cukup besar yaitu 6/ 128 GB.

Maka dari itu performa ponsel ini bisa dikatakan tidak istimewa, karna banyak ponsel di kelasnya yang memiliki performa yang lebih baik lagi terutama untuk urusan bermain game.

2. Kamera

Kamera Galaxy A31 belum di lengkapi Super Steady, sehingga untuk dalam pembuatan video akan terasa kurang maksimal.

Seperti pada Galaxy A51, ponsel tersebut sudah dilengkapi fitur Super Steady. ponsel ini juga didukung dengan kamera ultrawide lebih besar dari Galaxy A31 yaitu 12MP yang sudah dibekali EIS (Electronic Image Stabilization). Dengan dibekali EIS maka akan menghasilkan video yang bagus bagi content creator seperti anda.

3. Chipset

Jika di bandingkan dengan ponsel di kisaran harga yang sama, chipset Galaxy A31 kurang menggiurkan. Tapi chipset Helio P56 yang dimiliki ponsel ini sudah cukup mumpuni untuk anda bermain game.

4. Layar

Galaxy A31 memiliki desain layar Infinity-U Display. Sedangkan pada seri Galaxy A lainnya seperti Galaxy A51 sudah dibekali layar Infinity-O Display.

Walaupun sama-sama memakai layar Super AMOLED, namun Galaxy A11 akan terlihat jadul dengan desain layar Infinity-U Display-nya.

Baca Juga: Perbandingan Samsung Galaxy A31 dan Galaxy A51

Shapria Adias Bannar

Shapria Adias Bannar

Shapria Adias Bannar adalah pria asal Wonosobo, Jawa Tengah. Dia merupakan mahasiswa aktif Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo jurusan Teknik Informatika.

Leave a Comment