Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Lagi-lagi Samsung mengeluarkan ponsel kelas menengah dari seri Galaxy A, ponsel yang di maksud adalah Galaxy A51 yang hadir sebagai penerus Galaxy A50 dan Galaxy A50s.

Galaxy A51 hadir dengan empat kamera utama yang memiliki desain persegi sehingga terkesan premium pada tampilan body belakang.

Galaxy A51 juga hadir dengan varian RAM dan memori internal yang besar yaitu 6/128GB.

Agar lebih jelas, inilah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51:

Kelebihan Galaxy A51

1. Kamera

Galaxy A51 hadir dengan empat kamera utama yang terdiri dari 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 5MP (macro) dan 5MP (depth). Kehadiran kamera macro 5MP tentu mejadi nilai lebih dari Galaxy A51 ini, dimana ponsel pada umumnya hanya dibekali 2MP kamera macro.

Adanya empat kamera utama pada ponsel ini tentu patut untuk diapresiasi. Dimana pada ponsel seri Galaxy A yang lain seperti Galaxy A50 dan A50s hanya dibekali tiga kamera utama (triple kamera). Maka dari itu, kehadiran empat kamera pada Galaxy A51 adalah sebuah peningkatan yang bagus dari segi kamera.

Dari sisi kamera depan (selfie kamera), Galaxy A51 memiliki kamera Quad Bayer 34MP (wide) dengan resolusi 8MP. Hasil jepretan dari kamera ponsel ini terbilang bagus. Dimana menghasilkan rentang dimensi yang luas, detail dan warna yang bagus

2. Layar

Galaxy A51 memiliki ukuran layar 6,5 inci, resolusi 1080 x 2400 piksel dan kerapatan 405 ppi. Layar ini juga hadir dengan desain Infinity-O Display.

Telnologi layar pada Galaxy A51 sama dengan layar pada Galaxy A31, dimana sama-sama mengusung teknologi layar Super AMOLED yang tidak perlu diragukan lagi atas kualitasnya.

Layar Galaxy A51 juga hadir dengan konsep Punch Hole Display yang membuat kamera depan terletak di tengah atas berbentuk O.

3. Baterai

Galaxy A51 mempunyai kapasitas baterai sebesar 4000mAh. Dalam pemakaian normal, kapasitas baterai cukup awet untuk menunjang kegiatan sehari-hari anda.

4. Desain

Galaxy A31 memiliki desain body yang cukup ringan, terlihat menarik dan nyaman digenggam. Desain persegi pada kamera utama, membuat tampilan body belakang pada ponsel ini terasa premium.

5. Chipset

Galaxy A51 memiliki chipset Exynos 9611 yang merupakan chipset canggih buatan pabrik sendiri. Dengan disematkannya chipset tersebut membuat performa Galaxy A51 menjadi lebih baik dan kencang.

Galaxy A51 juga dibekali fitur Game Booter yang memanjakan anda dalam bermain game.

6. Konektivitas

Galaxy A51 terkoneksi NFC yang juga hadir pada ponsel seri Galaxy A yang lain seperti Galaxy A31. Adanya NFC memudahkan anda untuk megakses seperti pembayaran atau transaksi secara digital.

Kekurangan Galaxy A51

1. Performa

Galaxy A51 memiliki chipset Exynos 9611 yang sama dengan Galaxy A50s. Dengan begitu bisa dikatakan Galaxy A51 tidak mengalami peningkatan dari segi performa.

Nilai Antutu pada Galaxy A51 lebih rendah dibandingkan Galaxy M30s yang sama-sama disematkan chipset Exynos 9611, meskipun memiliki selisi nilai sedikit. Dan jika dillihat dari harga jual, Galaxy M30s lebih rendah dibandingkan Gaaxy A51.

2. Sensor

Galaxy A51 memiliki dua sensor keamanan, dua sensor tersebut ialah Fingerprint (sensor sidik jari) dan Face Unlock (sensor pengenalan wajah). Kinerja dua sensor ini cukup lambat, dimana butuh beberapa waktu untuk mendeteksi atau mengenali pengguna.

3. Kamera

Kualitas empat kamera utama Galaxy A51 bisa dibilang baik dalam keadaan cukup cahaya. Namun dalam keadaan minim cahaya, hasil jepretan dari kamera ponsel ini kurang memuaskan.

Baca Juga : Perbandingan Samsung Galaxy A31 dan Galaxy A51

Shapria Adias Bannar

Shapria Adias Bannar

Shapria Adias Bannar adalah pria asal Wonosobo, Jawa Tengah. Dia merupakan mahasiswa aktif Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo jurusan Teknik Informatika.

Leave a Comment